media belajar dan berbagi

5.4.13

Software pembaca file PDF

Dari id.wikipedia.org/wiki/Portable_Document_Format:
PDF (Portable Document Format) adalah sebuah format berkas yang dibuat oleh Adobe Systems pada tahun 1993 untuk keperluan pertukaran dokumen digital. Format PDF digunakan untuk merepresentasikan dokumen dua dimensi yang meliputi teks, huruf, citra dan grafik vektor dua dimensi. Pada Acrobat 3-D, kemampuan PDF juga meliputi pembacaan dokumen tiga dimensi. PDF telah menjadi standar ISO pada tanggal 1 Juli 2008 dengan kode ISO 32000-1:2008.

Seringkali kita dapatkan file dengan format pdf di internet, dari guru mapel, teman sekolah dan lain-lain tetapi ada dari kita yang masih bingung ini file apa, dibuka dengan software apa, bisa di edit apa tidak dan lain sebagainya.

Karena itu kita harus tau tentang file pdf berikut dengan software-software pendukunya. Berikut beberapa software yang dapat digunakan untuk membaca, convert ataupun membuat file pdf:

Adobe Reader
Software ini merupakan software populer yang digunakan untuk membaca file pdf. Meskipun file instalernya besar sekitar 48 Mb dan memerlukan spek komputer yang lumayan lega untuk versi terbarunya, software ini masih dianggap populer sebagai pembaca file pdf. Software ini bersifat freeware sehingga anda bisa bebas untuk mengunduhnya tanpa perlu repot-repot mencari crack-nya:)

Foxit PDF Reader
Software ini terbilang handal untuk kebutuhan pembacaan file pdf sebagai alternatif selain Adobe PDF Reader. Kelebihan dari software ini adalah ringan sehingga mungkin kita yang memiliki spek komputer low end tetep bisa menikmati proses pembacaan file pdf dengan cepat via software ini.
File instalernya hanya sekitar 15 Mb dan sifatnya free alias gratis....:)

Nitro PDF
Selain mampu untuk membaca file pdf, software ini mampu untuk mengedit file pdf, convert pdf to word, excel, image, atau ke format yang lain. Semua tentang pdf pastinya lengkap disini. Silahkan dicoba keunggulan sofwtare ini, karena tanpa mencoba tentu kita tidak akan bisa merasakan kelebihan dari software ini...:)
Sayangnya sofware ini termasuk software berbayar alias tidak gratis:) Ukuran file instaler sekitar 46,5 Mb dengan versi trial 30 hari
PDF Creator
Software ini terbilang cukup hebat untuk membuat file pdf apalagi kita memiliki spek komputer yang kurang powerul sehingga tidak memungkinkan untuk menginstal Adobe PDF Profesional. Sotware yang sifatnya Open Source ini sangat ringan hanya sekitar 16 Mb tetapi memiliki keunggulan yang cukup mumpuni
Share:

1 comment: