media belajar dan berbagi

3.10.16

Aplikasi Google "Solusi Praktis Simpan dan Backup Data Secara Cloud dengan Google Drive"

Dulu kita mengenal yang namanya Disket untuk menyimpan file digital kita. Dengan kapasitas yang hanya 1,44 Mb hardware ini sangat populer  di jamannya. Kemudian dikenal CD dengan kapasitas penyimpanan 700 Mb dan DVD dengan kapasitas sd 4,7 Gb sebagai alternatif media penyimpanan eksternal yang cukup besar. Selanjutnya muncul media penyimpanan file portabel dengan nama Flash Disk yang bisa memiliki kapasitas sd 64 Gb dan Hardisk Eksternal yang mampu menyimpan file dengan kapasitas sampai dengan 2 TB.

Kesemuanya itu merupakan perangkat keras penyimpanan file eksternal sebagai solusi dalam menyimpan dan membackup data-data digital kita. Perkembangan teknologi yang sangat pesat, saat ini ditawarkan media penyimpanan eksternal secara Cloud yang memberikan keleluasaan pengguna khusunya yang mobile untuk menyimpan atau membackup data secara online sehingga file-file yang kita miliki bisa diakses dari manapun dan kapanpun asal kita terkoneksi dengan Internet.

Salah satu aplikasi Cloud besutan Google yang cukup populer ditambah dengan kepemilikan gadget berbasis android yang mana sekarang bukan lagi menjada barang mewah sangat mendukung ketika kita memanfaattkan Google Drive untuk menyimpan dan mem-backup data kita

Berikut langkah-langkah menyimpan file di Google Drive :
1. Buka google.co.id dengan web browser kemudian klik tombol Masuk/ Sign in

2. Masuk dengan akun Gmail Anda

3. Masukkan password kemudian klik tombol Masuk

4. Setelah masuk ke jendela Google, klik Google App kemudian pilih Google Drive

5. Anda akan masuk di jendela Google Drive Anda

Tampilan jendela Google Drive seperti jendela Windows Explorer ataupun jendela aplikasi file manager lainnya sehingga dalam penggunaan dan pengaturannya tidak akan menyulitkan.
Bagian pertama pada gambar menunjukkan Menu pengelolaan Google Drive kita dan bagian kedua pada gambar menunjukkan tempat meletakkan file atau folder di Google Drive

6. Untuk menambahkan file atau folder kita tinggal klik tombol New atau dengan cara klik kanan pada area kosong bagian gambar langkah 5 no. 2


7. Klik Upload file untuk memasukkan file ke dalam Google Drive. Kemudian Pilih file yang akan di Upload kemudian pilih Open tunggu beberapa saat file Anda akan terupload dan tersimpan di Google Drive.

Anda juga bisa menambahkan file/ folder ke Google Drive degan cara Drag dari Windows Explorer Anda

8. Berbagai macam tipe file bisa Anda masukkan di Google Drive Anda jadi semakin banyak file yang diupload akan lebih baik jika dibuat Folder sesuai dengan kelompok file masing-masing.

9. Googel Drive ini praktis dan efektif untuk mengantisipasi hal-hal yang tidak kita inginkan seperti kehilangan/ kerusakan flashdisk yang mengakibatkan hilangnya file-file penting Anda.

Daftar Pustaka:
http://djamandoeloe.com/read/54/iptek/bernostalgia-dengan-disket,-flashdisk-zaman-dulu
http://fenywarnasari.blogspot.co.id/2015/03/cd-dan-dvd.html
Share:

0 comments:

Post a Comment