media belajar dan berbagi

12.6.14

PPDB Online di Wilayah Sleman dan Bantul

Tahun 2014 ini, wilayah Sleman dan Bantul mulai menerapkan sistem Pendaftaran Peserta Didik Baru secara Online mengikuti wilayah Kota Yogyakarta yang sudah menerapkan sistem RTO (Real Time Online) dalam PPDB sejak beberapa tahun terakhir.
Tentu dengan menggunakan sistem RTO ini calon peserta didik baru akan dimudahkan dalam proses pendaftaran.

Sebagaimana disebutkan di Kompas bahwa Sekolah-sekolah di kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta, akan memakai sistem real time online alias RTO dalam proses penerimaan siswa baru (PPDB) pada tahun ajaran ini. Namun, belum semua sekolah memakai sistem ini dan terdaftar dalam basis datanya.

Untuk tingkat SMA, ujar Arif, seluruh 17 sekolah negeri di wilayahnya memakai sistem ini. Adapun di tingkat SMP, kata dia, baru 29 dari 54 sekolah yang sudah memakai sistem tersebut untuk penerimaan siswa baru. Mnurut Kepala Dinas Pendidikan, Pemuda, dan Olahraga Sleman, Arif Haryono, Rabu (11/06/2014) "Tahun ini baru diberlakukan RTO. Sebab banyak yang harus disiapkan, termasuk SDM,"

Dengan sistem real time itu, para calon siswa dapat memilih dua sekolah yang ada dalam daftar dalam satu kesempatan pendaftaran saja. Karenanya, Arif menyarankan para calon siswa mencari dulu informasi tentang nilai tertingi dan terendah di setiap sekolah yang diminati sebelum memasukkan formulir pendaftaran.

Sistem ini akan otomatis menolak pemasukan berkas baru dari pencabutan berkas di pendaftaran sebelumnya. Pendaftaran kedua hanya bisa dilakukan ke sekolah yang tak masuk dalam basis data di sistem itu. Dia menegaskan sistem ini bebas biaya karena sudah masuk dalam alokasi biaya operasional sekolah.

PPDB Online ini menggunakan software SIAP-PPDB Online. SIAP-PPDB Online adalah sebuah sistem yang dirancang untuk melakukan otomasi seleksi penerimaan siswa baru (PSB), mulai dari proses pendaftaran, proses seleksi hingga pengumuman hasil seleksi, yang dilakukan secara online dan berbasis waktu nyata (realtime).


Klik disini untuk melihat daftar kota/ kabupaten di Indonesia

 siap-ppdb online

Seiring dengan pesatnya perkembangan IT khususnya di Indonesia yang sudah merambah pada masyarakat di kota/ kabupaten, sistem ini semakin dibutuhkan karena mudah, cepat, transparan dan akuntabel dalam proses pendaftaran PPDB.

Kota Yogyakarta, Sleman, Bantul sudah menerapkan ini.... Yang lain kapan....????

Sumber: Kompas.com; siap-ppdb.com
Share:

0 comments:

Post a Comment