media belajar dan berbagi

27.7.17

Cara Membuat Surat Masal dengan Mail Merge

Mail Merge

Mail merge bisa disebut juga dengan surat masal dalam artian membuat surat dengan isi atau format yang sama untuk banyak orang dengan alamat atau keterangan yang berbeda-beda sesuai dengan kebutuhan. Fasilitas yang ada di aplikasi pengolah kata Microssoft Word ini sangat membantu terutama bagi yang membutuhkan kecepatan kerja dalam pembuatan surat masal.

Berikut langkah-langkah pembuatan Mail Merge :

1. Buat format surat nya di Ms. Word terlebih dahulu (disebut Dokumen Master)

2. Sebagai contoh kita buat yang simpel dulu


3. Selanjutnya SAVE pada Drive dan Folder yang sesuai

4. Kemudian buat pangkalan data di Ms. Excel (disebut Data Master)

5. Sebagai contoh isikan data sesuai kebutuhan data di Dokumen Master


6. Selanjutnya SAVE (jadikan satu Folder dengan Dokumen Masternyang sudah dibuat tadi)

7. Untuk membuat surat masal, hubungkan antara Dokumen Master dengan Data Master sesuai langkah berikut :
  • Pilih menu Mailing - Select Recipients - Use an Existing List ..

  • Cari master data yang sudah dibuat tadi :


  • Isikan Field Data sesuai dengan letaknya di Dokumen Master satu per satu

  • Selesai ...

8. Untuk melihat preview surat klik sub menu Preview Result


9. Untuk cetak bisa melalui sub menu Finish & Merge


10. Silahkan berkreasi untuk membuat surat masal dengan isi yang lengkap...bisa juga dikembangkan untuk tujuan lain yang sejenis seperti cetak kartu peserta, cetak label undangan, dan lain sebagainya

@adhe|2017
Share:

0 comments:

Post a Comment